Minggu, 02 November 2014

Mitos Jerawat

 Jerawat muncul pertama kali saat kita remaja, saat itu kita mengalami masa pubertas. Munculnya jerawat tidak selalu timbul diwajah, pada sebagian orang jerawat kerap muncul di dada, punggung dan beberapa bagian lainya. Bagi remaja yang baru tumbuh kepercayadiriannya jerawat kerap kali menjadi penghalang untuk terus eksis. Bintik noda di wajah mulusnya sudah cukup untuk meruntuhkan kepercayadiriannya.
 Tahukah kita bahwa di masyarakat selalu kita dengar mitos akan jerawat yang diyakini menjadi munculnya jerawat. Biar kita tidak lagi salah kaprah akan sebuah jerawat. Berikut saya jelaskan fakta sebenarnya timbulnya jerawat. 
 Pertama, jerawat disebabkan oleh kulit kotor. Faktanya, kulit kotor bukan merupakan faktor utama timbulnya jerawat, sebaliknya ia disebabkan oleh produksi kelenjar minyak dan menumpuknya sel kulit mati.
 Kedua, makanan berlemak penyebab jerawat. Menurut penelitian American Academy of Dermatology, tidak ditemukan hubungan langsung antara makanan berlemak dengan jerawat. Makanan tidak sehat akan berdampak terhadap badan, karena kulit adalah organ terbesar, maka resiko juga bisa ke kulit. 
 Ketiga, kosmetik menyebabkan jerawat. Pernyataan ini memang ada benarnya, tapi tidak juga selalu benar. Beberapa kosmetik terdapat yang berdampak menyumbat pori - pori dan akhirnya memicu timbulnya jerawat. Pencegahan jerawat yang timbul karena kosmetik sangat disarankan jika kita remaja kita gunakan kosmetik yang ringan, dan tidak terlalu panas di wajah.
  Keempat, mencuci muka dengan sabun akan menghilangkan jerawat, faktanya jika kita melakukan ini dengan cara yang salah, yang ada jerawat akan meradang dan iritasi.
 Kelima, memencet jerawat akan cepat menghilangkan jerawat. Namun, proses ini menyebabkan pertumbuhan bakteri, sel kulit mati dan sebum tertolak lebih mendalam ke dalam kulit dan menyebabkan daerah tersebut membengkak dan merah. Hal ini justru akan memperlambat proses penyembuhan jerawat itu sendiri.
 Keenam, mengkonsumsi kacang akan cepat mengundang datangnya jerawat. Pernyataan tersebut sangat sering kita dengar. Tapi faktanya, hal tersebut sangatlah salah. Kacang merupakan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan bukan sebagai penyebab timbulnya jerawat.
 Kesimpulan yang bisa kita dapat dari beberapa fakta di atas, sebaiknya kita tidak terlalu terbebani akan larangan yang tidak berdasar secara ilmiah. Setelah mengetahui info diatas sangat disarankan kita melakukan pengobatan secara alami untuk menghindari efek samping yang akan timbul jika menggunakan produk kimia.

 Semoga berguna bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya